Monday 9 May 2016

Apa itu Karbohidrat, Pengertian Karbohidrat

        kctuagri.blogspot.co.id, 73 Banpres Tuah Negeri Sum Sel, Apa itu Karbohidrat, Pengertian Karbohidrat - Karbohidrat merupakan sumber energi yang diperlukan oleh makhluk hidup, bagik bagi tanaman (tumbuhan), binatang dan manusia. Adapun komponen dari karbohidrat itu sendiri adalah. Carbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Pengertian Karbohidrat menurut Heni Endrawati, S.Si (2014) "Karbohidrat yaitu senyawa organik terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Terdiri atas unsur C, H, O dengan perbandingan 1 atom C, 2 atom H, 1 atom O."

Gambar 0.1 Struktur Molekul Karbohidrat

Karbohidrat juga ada beberapa jenis berdasarkan ukuran molekulnya, menurut Iqfadhilah (2014) "Jenis karbohidrat yang terdapat dalam makanan pada umumnya dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan Ukuran melekulnya yaitu: Monosakarida, Disakarida dan Polisakarida." Sedangkan menurut ilmu gizi karbohidrat dibagi menjadi dua jenis yaitu: Karbohidrat sederhana dan Karbohidrat kompleks.

Pada proses Fotosintesis tumbuhan hijau dapat mengubah karbon dioksida menjadi karbohidrat, adapun fungsi karbohidrat menurut woocara (2015) sebagai berikut:

1. Sebagai sumber energi utama. Sumber energi yang diperlukan adalah glukosa serta tidak dapat digantikan oleh sumber energi yang lainnya;
2. Berperan dalam proses metaboisme, menjaga keseimbangan antara asam dan basa yang terdapat dalam tubuh, serta sebagai pembentuk struktur sel, jaringan, dan organ tubuh;
3. Karbohidrat memiliki peranan penting dalam membantu proses pencernaan makanan;
4. Fungsi karbohidrat dapat membantu dalam penyerapan kalsium;
5. Karbohidrat merupakan pembentuk senyawa yang lainnya;
6. Sebagai komponen penyusun gen yang terdapat dalam inti sel yang sangat penting dalam pewarisan sifat.
7. Merupakan senyawa yang dapat membantu dalam berlangsungnya proses buang air besar. Seluosa merupakan saah satu polisakarida yang sulit untuk dicerna, tetapi keberadaannya yang terdapat dalam sisa pencernaan dapat bermanfaat untuk mencegah konstipasi atau sembelit.

0 comments:

Post a Comment